Langsung ke konten utama

Postingan

Bersaing dengan Teknologi Informasi

( bab 2 buku pengantar sistem informasi dr James O Brien ) Bag I Dasar Dasar Keunggulan Strategis Sistem informasi bukan hanya sekeumpulan teknologi untung mendukung operasi bisnis, kerja sama perusahaan dan sistem pengambilan keputusan namun TI bisa sebagai Sistem informasi strategis (SIS) sebagai jaringan pembaruan organisasi yang dapat mengubah cara bersaing dalam bisnis. Konsep Strategi Kompetitif Sistem informasi strategis meruapakan sistem informasi yang mendudukung dan membentuk posisi kompetitif dan strategi perusahaan bisnis. Berupa sistem informasi spti TPS, SIM, DSS dll yang menggunakan TI dalam membatu organisasi mencapai keunggulan kompetitif, mengurangi kelemahan dan memenuhi tujuan strategis perusahaan. Tekanan Kompetitif dan Strategi Kompetitif Perusahaan perlu mengembangkan strategi untuk menghadapi 5 tekanan kompetitif dalam bisnis, yang meliputi 1. Persaingan dari pada kompetitor 2. Ancaman pemain baru 3. Ancaman produk pengganti 4. Daya tawar pelanggan

Fungsi dan Prinsip Evaluasi Pendidikan

(dirangkum dari kuliah pertemuan 2) FUNGSI EVALUASI Menurut fungsinya evaluasi terbagi menjadi 4, yaitu A. Evaluasi Input --> evaluasi yang dilakukan sebelum proses pembelajaran berlangsung B. Evaluasi Proses --> evaluasi yang dilakukan selama proses pembelajaran C. Evaluasi Produk/Hasil -->evaluasi yang diselenggarakan di akhir proses pembelajaran D. Evaluasi dampak --> dampak setelah pembelajaran selesai Penjelasan masing-masing fungsi diuraikan lagi berikutnya. A. Evaluasi Input Evaluasi Input terdiri dari 1. Evaluasi Penempatan Sering juga disebut Placement. adalah evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan, minat, dan bakat siswa sehingga dapat diputuskan dimana tempat yang cocok bagi siswa tersebut Evaluasi ini dilaksanakan dengan tujuan agar setiap peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas atau pada jenis dan/atau jenjang pendidikan tertentu dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif karena sesuai dengan bakat

Pengantar Evaluasi Pendidikan

Disarikan dari kuliah Evaluasi Pendidikan pertemuan I Prof. Yetty Supriyati A. Pengertian Pendidikan adalah proses pengembangan potensi manusia dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik, secara terintegrasi dan berkelanjutan yang menghasilkan perubahan perilaku. Evaluasi merupakan proses menentukan keputusan tentang nilai hasil kerja atau performa siswa secara kualitatif dan kuantitatif. Evaluasi mencakup penilaian dan pengukuran ( measurement ). Dengan kata lain evaluasi adalah tindak lanjut dari penilaian dan pengukuran yang telah dilakukan. Keputusan atau ketetapan tidak dapat diambil, tanpa dilakukan penilaian dan pengukuran. Assessment merupakan proses pengumpulan data yang dipakai untuk menggambarkan perkembangan belajar (Aikenhead, 1997). Sedangkan evaluasi adalah mengevaluasi data yang telah dikumpulkan melalui asesmen/penilaian. Evaluasi tidak hanya mencakup tes dan pengukuran hasil belajar siswa namun juga mempertimbangkan proses non tes seperti observasi.

Dasar-Dasar Sistem Informasi Managemen (bag 2)

II. Komponen Sistem Informasi A. Konsep Sistem Informasi Sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, berinteraksi, bekerjasama unuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur. Input --> berbagai elemen yang memasuki sistem untuk diproses Pemrosesan --> proses transformasi yang mengubah input menjadi output Output --> proses tranformasi ke ujuan akhirnya Konsep sistem akan lebih lengkap dengan adanya umpan balik dan pengendalian (control). Umpan balik menjelaskan data mengenai kinerja suatu sistem di organisasi. Kontrol/pengendalian melibatkan pengawasan dan pengevaluasian untuk menetapkan apakah sistem menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan atau tidak. Dengan melakukan pengendalian/kontrol, sistem akan membuat penyesuaian yang dibutuhkan dengan tepat B. Komponen – komponen Sistem Informasi Model Sistem Informasi