Rangkuman Bab 1 dari Buku Pengantar Sistem Informasi karangan James O Brien
I. Sistem Informasi Dalam Bisnis
A. Pengertian Sistem Informasi
Sistem Informasi merupakan kombinasi teratur dari manusia, hardware, software, jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan, mentransformasi/mengubah dan menyebarluaskan informasi dalam sebuah organisasi.
Teknologi Informasi meliputi teknologi hardware komputer, teknologi software komputer, teknologi jaringan telekomunikasi dan teknologi sumber daya data
Sedangkan Sistem informasi berbasis komputer yaitu sistem informasi yang menggunakan komputer dan memanfaatkan teknologi di bidang hardware komputer, software, jaringan telekomunikasi dan teknologi managemen data resources.
B. Kerangka Kerja SI bagi praktisi bisnis
Pengetahuan SI yang dibutuhkan oleh praktisi bisnis meliputi 5 area/kerangka meliputi :
C. Peran SI dalam Bisnis
Untuk sebuah organisasi SI bisa berperan mendukung dalam hal
a. Proses dan Operasi Bisnis
b. Pengambilan Keputusan oleh karyawan dan manajer
Dengan membuat sistem pendukung berbasis Web, SI dapat berperan bagi para manajer penjualan untuk mendapatkan informasi dalam rangka mengambil keputusan yang tepat
c. Berbagai Strategi untuk keunggulan kompetitif
Teknologi informasi yang digunakan dalam e-commerce akan membawa perusahaan untuk unggul dalam persaingan.
Peran e-business dalam bisnis
Teknologi informasi yang menjadi infrastruktur utama untuk mendukung aplikasi e-business berperan sebagai
(1) merekayasa ulang operasi dan proses bisnis internal,
(2) mengimplementasikan sistem e-commerce, dan
(3) meningkatkan kerjasama perusahaan.
E-business didefinisikan sebagai penggunaan teknologi internet hingga ke pekerjaan yang berkaitan dengan internet dan pemberdayaan proses bisnis, e-commerce dan kerja sama usaha dalam sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok, serta pihak-pihak lain.
Penggunaan internet dan jaringan baik intranet ataupun ekstranet telah menjadi infrastruktur utama untuk mendukung aplikasi e-business yang salah satunya untuk merekayasa ulang proses bisnis, di samping implementasi e-commerce dan kerja sama di dalam perusahaan.
Intranet yaitu Jaringan seperti internet yang belaku di dalam perusahaan. Ekstranet merupakan jaringan antar organisasi/perusahaan yagn bisa dijadikan sumber informasi antara perusahaan dengan para mitra/supplier.
Sedangkan e-commerce atau electronic Commerce adalah pembelian dan penjualan, pemasaran dan pelayanan produk/jasa dan informasi melalui berbagai jenis jaringan komputer seperti internet, intranet, ekstranet. Hal ini bisa mulai dari periklanan sampai customer support melalui World Wide Web.
Sistem Kerja sama perusahaan merupakan bagian dari jenis-jenis sistem informasi yang merupakan sistem pendukung operasi. Sistem kerjasama perusahaan meningkatkan komunikasi dan produktivitas tim serta kelompok kerja melalui aplikasi tertentu seperti groupware, e-mail dan konferensi video.
D. Trend dalam sistem informasi
Sejak era tahun 60-an peran sistem informasi telah mengalami perubahan-perubahan penting. Mulai dari pertama kali digunakannya pemrosesan data secara elektronik, lalu pelaporan manajemen era tahun 60-70. Lalu decision support tahun 70-80. Kemudian bergerak ke sistem informasi strategik, dan yang terakhir tahun 90 ke atas memasuki era e-business dan e-commerce.
E. Jenis – jenis Sistem Informasi
Sistem informasi bisa dikelompokkan dengan menjadi beberapa jenis yaitu
1. sistem pendukung operasi, meliputi
① sistem pemrosesan transaksi,
② sistem pengendalian proses, dan
③ sistem kerja sama perusahaan.
2. sistem pendukung manajemen, meliputi
① sistem informasi manajemen,
② sistem pengambil keputusan (DSS-Decision Support System), dan
③ sistem informasi eksekutif.
Jenis lainnya adalah sistem informasi strategis, sistem informasi lintas fungsi dan sistem pakar.
F. Tantangan
Tantangan manajemen SI
Tantangan lain bagi manager dan praktisi bisnis adalah mengatasi masalah bisnis dengan mengembangkan solusi sistem informasi. Mereka bekerja sama dengan analis sistem informasi untuk mengembangkannya melalui proses meneliti, menganalisis, mendesain lalu mengimplementasikan dan memelihara sistem.
Tantangan Etika dan TI
Tantangan tanggung jawab etis sebagai pemakai akhir (end-users) yaitu menjadi pemakai yang bertanggung jawab. Seperti bertanggung jawab untuk penggunaan teknologi TI yang tepat dan bisa melindungi diri dari kejahatan komputer.
I. Sistem Informasi Dalam Bisnis
A. Pengertian Sistem Informasi
Sistem Informasi merupakan kombinasi teratur dari manusia, hardware, software, jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan, mentransformasi/mengubah dan menyebarluaskan informasi dalam sebuah organisasi.
Teknologi Informasi meliputi teknologi hardware komputer, teknologi software komputer, teknologi jaringan telekomunikasi dan teknologi sumber daya data
Sedangkan Sistem informasi berbasis komputer yaitu sistem informasi yang menggunakan komputer dan memanfaatkan teknologi di bidang hardware komputer, software, jaringan telekomunikasi dan teknologi managemen data resources.
B. Kerangka Kerja SI bagi praktisi bisnis
Pengetahuan SI yang dibutuhkan oleh praktisi bisnis meliputi 5 area/kerangka meliputi :
- konsep dasar sistem informasi,
- teknologi informasi, meliputi hardware, software, Jaringan dan internet dan data
- aplikasi bisnis, meliputi CRM, ERP, e-commerce, sistem pengambilan keputusan, supply chain management
- proses pengembangan SI dalam bisnis
- tantangan manajemen untuk mengelola secara efektif fungsi SI dan TI
C. Peran SI dalam Bisnis
Untuk sebuah organisasi SI bisa berperan mendukung dalam hal
a. Proses dan Operasi Bisnis
b. Pengambilan Keputusan oleh karyawan dan manajer
Dengan membuat sistem pendukung berbasis Web, SI dapat berperan bagi para manajer penjualan untuk mendapatkan informasi dalam rangka mengambil keputusan yang tepat
c. Berbagai Strategi untuk keunggulan kompetitif
Teknologi informasi yang digunakan dalam e-commerce akan membawa perusahaan untuk unggul dalam persaingan.
Peran e-business dalam bisnis
Teknologi informasi yang menjadi infrastruktur utama untuk mendukung aplikasi e-business berperan sebagai
(1) merekayasa ulang operasi dan proses bisnis internal,
(2) mengimplementasikan sistem e-commerce, dan
(3) meningkatkan kerjasama perusahaan.
E-business didefinisikan sebagai penggunaan teknologi internet hingga ke pekerjaan yang berkaitan dengan internet dan pemberdayaan proses bisnis, e-commerce dan kerja sama usaha dalam sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok, serta pihak-pihak lain.
Intranet yaitu Jaringan seperti internet yang belaku di dalam perusahaan. Ekstranet merupakan jaringan antar organisasi/perusahaan yagn bisa dijadikan sumber informasi antara perusahaan dengan para mitra/supplier.
Sedangkan e-commerce atau electronic Commerce adalah pembelian dan penjualan, pemasaran dan pelayanan produk/jasa dan informasi melalui berbagai jenis jaringan komputer seperti internet, intranet, ekstranet. Hal ini bisa mulai dari periklanan sampai customer support melalui World Wide Web.
Sistem Kerja sama perusahaan merupakan bagian dari jenis-jenis sistem informasi yang merupakan sistem pendukung operasi. Sistem kerjasama perusahaan meningkatkan komunikasi dan produktivitas tim serta kelompok kerja melalui aplikasi tertentu seperti groupware, e-mail dan konferensi video.
D. Trend dalam sistem informasi
Sejak era tahun 60-an peran sistem informasi telah mengalami perubahan-perubahan penting. Mulai dari pertama kali digunakannya pemrosesan data secara elektronik, lalu pelaporan manajemen era tahun 60-70. Lalu decision support tahun 70-80. Kemudian bergerak ke sistem informasi strategik, dan yang terakhir tahun 90 ke atas memasuki era e-business dan e-commerce.
E. Jenis – jenis Sistem Informasi
Sistem informasi bisa dikelompokkan dengan menjadi beberapa jenis yaitu
1. sistem pendukung operasi, meliputi
① sistem pemrosesan transaksi,
② sistem pengendalian proses, dan
③ sistem kerja sama perusahaan.
2. sistem pendukung manajemen, meliputi
① sistem informasi manajemen,
② sistem pengambil keputusan (DSS-Decision Support System), dan
③ sistem informasi eksekutif.
Jenis lainnya adalah sistem informasi strategis, sistem informasi lintas fungsi dan sistem pakar.
Tantangan manajemen SI
Tantangan lain bagi manager dan praktisi bisnis adalah mengatasi masalah bisnis dengan mengembangkan solusi sistem informasi. Mereka bekerja sama dengan analis sistem informasi untuk mengembangkannya melalui proses meneliti, menganalisis, mendesain lalu mengimplementasikan dan memelihara sistem.
Tantangan Etika dan TI
Tantangan tanggung jawab etis sebagai pemakai akhir (end-users) yaitu menjadi pemakai yang bertanggung jawab. Seperti bertanggung jawab untuk penggunaan teknologi TI yang tepat dan bisa melindungi diri dari kejahatan komputer.
Komentar
Posting Komentar
Silakan tinggalkan komentar Anda