Search This Blog

Loading...

Thursday, October 21, 2010

Pengantar Evaluasi Pendidikan

Disarikan dari kuliah Evaluasi Pendidikan pertemuan I Prof. Yetty Supriyati


A. Pengertian
Pendidikan adalah proses pengembangan potensi manusia dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik, secara terintegrasi dan berkelanjutan yang menghasilkan perubahan perilaku.

Evaluasi merupakan proses menentukan keputusan tentang nilai hasil kerja atau performa siswa secara kualitatif dan kuantitatif. Evaluasi mencakup penilaian dan pengukuran (measurement). Dengan kata lain evaluasi adalah tindak lanjut dari penilaian dan pengukuran yang telah dilakukan. Keputusan atau ketetapan tidak dapat diambil, tanpa dilakukan penilaian dan pengukuran.
Assessment merupakan proses pengumpulan data yang dipakai untuk menggambarkan perkembangan belajar (Aikenhead, 1997). Sedangkan evaluasi adalah mengevaluasi data yang telah dikumpulkan melalui asesmen/penilaian.


Evaluasi tidak hanya mencakup tes dan pengukuran hasil belajar siswa namun juga mempertimbangkan proses non tes seperti observasi.

B. Lingkup evaluasi Pendidikan
Berikut ini aspek-aspek dari pendidikan yang bisa dievaluasi
 Lulusan
 Proses
 Pengelolaan
 Lingkungan
 Dukungan profesional
 Stakeholders
 Sarana dan Prasarana
 Pendidik dan tenaga kependidikan
 Penilaian
 Litbang
 Biaya
 Sasaran
 Kebijakan
 Kuikulum

C. Perbedaan Pengertian Tes, Pengukuran, Penilaian , Ujian dan Evaluasi


Tes -->   Hanya salah satu cara untuk mengujur kemajuan belajar siswa. Tes berisi himpunan pertanyaan yang       harus dijawab oleh peserta tes (siswa).

Pengukuran (measurement)
 -->  Kegiatan untuk mendapatkan informasi secara kuantitatif terhadap hasil belajar atau performance siswa
Ujian (examination) 
   --> Kegiatan untuk mendapat Informasi kelulusan peserta pada suatu program sehingga ada batas kelulusan
Penilaian (assesment)
 -->  Kegiatan untuk mengetahui apakah suatu Pembelajaran telah berhasil atau belum
Evaluasi
-->  Tindakan pengambilan keputusan yang dilakukan seseorang atau lembaga

D. Pelaku Evaluator


Siapa yang melakukan evaluasi?

  • Internal evaluator
  • Eksternal evaluator

Dilihat dari segi kepakaran

  • Profesional evaluator
  • Amatir evaluator


Syarat seorang evaluator
 Memahami objek yang dievaluasi
 Mampu dan dapat dipercaya
 Mempunyai integritas dan objektif
 Mampu menggunakan metodologi penelitian
 Mampu menganalisis data

Konfigurasi Evaluasi


I. Outsider ==> untuk internal
lembaga mengambil evaluator dari luar hasilnya digunakan untuk pelaksana program di dalam

II. Outsider ==>untuk pimpinan /penyandang dana
Pimpinan/penyandang dana meminta pihak luar mengevaluasi hasilnya hanya diketahui pimpinanpenyandang dana

III. Insider ==> untuk internal
Evaluator merupakan tim dari pembuat program dan hasilnya juga digunakan oleh mereka sendiri

IV. Insider ==> untuk Outsider
Orang dalam mengevaluasi diri hasilnya dipakai untuk kepentingan pihak luar cotohnya untuk pertanggung jawaban atau akreditasi

2 comments:

  1. Thanks yaa...hebat deh..kamu,mbak.

    ReplyDelete
  2. sama-sama makasih ya..salam kenal

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...