Search This Blog

Loading...

Wednesday, October 20, 2010

Dasar-Dasar Sistem Informasi Managemen (bag 2)

II. Komponen Sistem Informasi
A. Konsep Sistem Informasi
Sistem adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, berinteraksi, bekerjasama unuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur.
Input --> berbagai elemen yang memasuki sistem untuk diproses
Pemrosesan --> proses transformasi yang mengubah input menjadi output
Output --> proses tranformasi ke ujuan akhirnya


Konsep sistem akan lebih lengkap dengan adanya umpan balik dan pengendalian (control). Umpan balik menjelaskan data mengenai kinerja suatu sistem di organisasi. Kontrol/pengendalian melibatkan pengawasan dan pengevaluasian untuk menetapkan apakah sistem menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan atau tidak. Dengan melakukan pengendalian/kontrol, sistem akan membuat penyesuaian yang dibutuhkan dengan tepat


B. Komponen – komponen Sistem Informasi
Model Sistem Informasi





Menunjukkan kerangka konsep dasar berbagai komponen dan aktivitas sistem informasi. Sumber daya sistem informasi berupa manusia, hardware, software data dan jaringan. Sumber daya data diubah melalui pemrosesan informasi untuk disimpan atau dikeluarkan dalam bentuk output sesuai dengan proses pengendalian yang ditetapkan.

Sumber Daya Sistem Informasi
Terdiri dari 5, yaitu
1. Sumber daya manusia
Merupakan bagian dari sumber daya SI yang meliputi
end users sebagai orang-orang yang menggunakan sistem informasi,
termasuk di dalamnya adalah pekerja ahli yaitu orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim serta kelompok kerja untuk membuat, menggunakan serta menyebarkan informasi dalam organisasi.
pakar/ahli SI yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem informasi (praktisi TI)

2. Sumber daya hardware
a. Mesin, seperti komputer dan kelengkapan penunjang lain dan media data tempat data itu disimpan. Mesin berupa sistem komputer seperti desktop atau laptop dan periferal komputer seperti disk drives, monitor dan printer
b. Media yaitu objek berwujud tempat data dicatat dari lembaran kertas hingga berbagai bentuk disk.

3. Sumber daya software
Meliputi semua rangkaian perintah pemrosesan informasi, yang berupa program dan prosedur.
a. Program
berisi rangkaian perintah operasi menggunakan hardware komputer. Contoh software program aplikasi adalah program pengolah kata, program analisis penjualan.
b. Prosedur
merupakan rangkaian perintah pemrosesan informasi yang ditujukan bagi orang-orang /pengguna sistem informasi.

4. Sumber Daya Data
Sumber daya data diaturm disimpan dan diakses oleh berbagai tekonologi pengelolaan sumber daya data ke dalam database atau menjadi dasar pengetahuan seperti fakta dan peraturan. Data berbeda dengan informasi. Data merupakan fakta atau observasi mentah mengenai transaksi atau fenomena. Informasi didefinisikan sebagai data yang telah diubah menjadi konteks yang berguna bagi end-user tertentu.

5. Sumber Daya Jaringan
Meliputi media komunikasi dan dukungan jaringan seperti modem, software kontrol, dan browser.

C. Aktivitas Sistem Informasi
 Input Sumber Daya Data
berupa aktivitas pencatatan (entri data) dan pengeditan data. Aktivitas entri data ini bisa dari menuliskan pada formulir kertas, keyboard komputer atau pemindai optikal.
 Pemrosesan Data menjadi Informasi
mencakup perhitungan, perbandingan, pemilahan, pengklasifikasian dan pengikhtisaran. Termasuk aktivitas-aktivitas mengatur, menganalisis dan memanipulasi data hingga mengubahnya menjadi informasi akhir bagi para end-user
 Output Produk Informasi
menyediakan informasi bagi pemakai akhir (end-user). Tujuan dari sistem informasi adalah menghasilkan produk informasi yang tepat bisa dalam bentuk pesan, laporan, grafis, audio, kertas, ataupun video, termasuk mencetak surat yang telah ditulis menggunakan komputer.
 Penyimpanan (Storage)
menyediakan tempat penyimpanan data dan informasi yang disimpan secara rapi agar bisa digunakan kemudian. Termasuk kegiatan menyimpan file surat ke dalam disk.
 Pengendalian Kinerja Sistem
Bentuknya umpan balik ini berupa pengawasan dan evaluasi untuk menetapkan apakah sistem dapat memenuhi standar knerja yang telah ditetapkan.

Dasar-Dasar Sistem Informasi Managemen (bag. 1)

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...