Langsung ke konten utama

Belajar Bahasa Mandarin dengan Duolingo

Pernahkah tertarik belajar bahasa asing untuk mengisi waktu luang selama pandemi?
Pasti banyak di antara kita ingin mengisi masa pandemi #dirumahaja dengan kegiatan positif. Termasuk mempelajari keterampilan baru entah itu via online atau aplikasi.

Masa pandemi ini juga dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan baik itu kursus keterampilan atau bahasa asing, untuk memanfaatkan media e-learning, distance learning, ataupun app-learning yang mereka miliki.

Alasanku ingin mencoba belajar bahasa mandarin, terus terang karena sedang gandrungnya dengan dracin/c-drama 😅😅. Kupikir tak ada salahnya sedikit tahu bahasa yang dituturkan miliaran orang ini.

Awalnya sempat keder juga, karena tahu bahwa aksara mandarin (hanzi), merupakan aksara simbol yang jumlahnya bisa puluhan ribu aksara. Dibayangkan akan lebih sulit dari bahasa Jepang yang menggunakan perpaduan antara huruf kanji beserta hiragana dan katakana. 

Akhirnya kucoba saja donlot aplikasi gratis duolingo. Dilihat dari ikon dan tampilannya lucu, imut, seperti game anak-anak. Katanya ada 35+ bahasa asing yang bisa dipelajari melalui duolingo. Namun untuk layanan bahasa Indonesia, ternyata hanya tersedia pelajaran bahasa Inggris. Jika ingin bahasa asing lain, kita harus rela memakai pengantar bahasa Inggris.

Tes penempatannya juga ada. Karena aku belum pernah belajar mandarin, kupilih saja belajar from scratch, alias dari nol. Setelah itu kita diminta menetapkan goal. Berapa menit sekali kita sanggup belajar. Ternyata goalnya juga lumayan mudah, hanya berkisar dari 5-20 menit sehari.

Mulai belajar bahasa via duolingo ini benar menyenangkan. Seperti layaknya bermain game. Tinggal pilih dan klik sesuai gambar dan bunyi yang terdengar. Hal itu sering diulang sampai tak sadar kita pun mengingat beberapa aksara mandarin. 

Berbeda dengan belajar bahasa konvensional harus melalui percakapan, kosakata, dan grammar. Belajar via duolingo seperti belajar sambil bermain. Tak perlu pelajaran awal-awal seperti mengenal bunyi pinyin dan 4 nada dalam bahasa mandarin, di sini kita belajar sambil praktik, learning by doing

Setiap lessonnya ada memilih pinyin, memilih hanzi, mencocokkan hanzi dan pinyin, juga memilih gambar untuk hanzi. Tidak susah, karena semua bisa kita klik sampai menemukan jawaban yang cocok.



(Sumber: tangkapan layar pribadi)

Berikutnya adalah menirukan bunyi, menyusun kata mandarin menjadi kalimat, dan menyusun terjemahannya. Saat bagian menyusun kata ini, baru kita mulai mesti mengingat dan berpikir sedikit.

(Sumber: tangkapan layar pribadi)

Duolingo sendiri mengklaim bahwa metode unik belajar sambil bermain melalui aplikasi ini hasilnya cukup efektif. Karena telah ada peneliti yang mempublikasikan hasil penelitiannya.

Kelebihan dan Kekurangan
Yang namanya metode tentu ada kelebihan kekurangannya.
Menurut pendapat pribadiku kekurangannya: 
  • Tidak terlatih percakapan, karena tidak ada lawan bicara.
  • Tidak diajarkan cara menulisnya. Sampai versi terakhir ini pun belum diperkenalkan bagaimana urutan menuliskan aksara hanzinya.
  • Tidak diterangkan cara pengucapan secara detail, melainkan mengandalkan pendengaran dan eksplorasi sendiri.
  • Tata bahasa juga tidak diajarkan secara detail, hanya melalui tip-tip dan learning by doing.
  • Tidak ada rangkuman daftar kosakata apa saja yang telah kita pelajari. 

Sedangkan kelebihannya adalah
  • Menyenangkan 
  • Tidak membosankan serasa bermain game.
  • Tidak rumit dan ribet harus menulis atau menghafal. Langsung mainkan dan "alah bisa karena biasa."
  • Memanfaatkan cara otak kita bekerja, yaitu sering diulang tanpa sadar hafal dengan sendirinya. 
  • Gratis
  • Cukup belajar 15 menit sehari asalkan rutin. 
  • Sangat fleksibel, bisa belajar kapan pun, di mana pun, dan selama apa pun. Jika ingin cepat bisa, 1 jam sehari mengapa tidak. Jika untuk iseng, 5-10 menit sehari pun efektif.

Oh, ya, kita di sini bisa sekaligus juga belajar berbagai bahasa sekaligus. Siapa tahu kita sedang bosan, tinggal buka pelajaran bahasa lainnya, mau langsung 2, 3 atau 6 bahasa pun bebas dan gratis.

Duolingo juga menyediakan layanan untuk saling follow dan dukung sesama pembelajar. Mereka mengklaim sebagai komunitas belajar bahasa terbesar, loh!

Bagaimana teman-teman, tertarik belajar bahasa sambil bermain? Bahasa apa saja yang akan kamu pilih?

Referensi:
duolingo.com

Komentar

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar Anda

Popular Posts

Penelitian Etnografi

PENGERTIAN               Penelitian etnografi adalah termasuk salah satu pendekatan dari penelitian kualitatif. Penelitan etnografi di bidang pendidikan diilhami oleh penelitian sejenis yang dikembangkan dalam bidang sosiologi dan antropologi. Penelitian etnografi pernah dilakukan oleh peneliti bernama Jonathan Kozol, dalam rangka melukiskan perjuangan dan impian para warga kulit hitam dalam komunitas yang miskin dan terpinggirkan di daerah Bronx, New York [1] . Penelitian kualitatif dengan pendekatan ini kemudian banyak diterapkan dalam meneliti lingkungan pendidikan atau sekolah.                          Menurut Miles & Hubberman seperti yang dikutip oleh Lodico, Spaulding & Voegtle, Etnografi berasal dari bahasa Yunani ethos dan grapho s. Yang berarti tulisan mengenai kelompok budaya. Sedangkan Menurut Le Clompte dan Schensul etnografi adalah metode penelitian yang berguna untuk menemukan pengetahuan yang terdapat atau terkandung dalam suatu budaya atau komunitas tertent

Asumsi dalam Ilmu (Ontologi Filsafat Ilmu bag 3)

by dwining bintarawati Asumsi dalam Ilmu Waktu kecil segalanya kelihatan besar, pohon terasa begitu tinggi, orang-orang tampak seperti raksasa Pandangan itu berubah setelah kita berangkat dewasa, dunia ternyata tidak sebesar yang kita kira, wujud yang penuh dengan misteri ternyata hanya begitu saja. Kesemestaan pun menciut, bahkan dunia bisa sebesar daun kelor, bagi orang yang putus asa. Katakanlah kita sekarang sedang mempelajari ilmu ukur bidang datar (planimetri). Dengan ilmu itu kita membuat kontruksi kayu bagi atap rumah kita. Sekarang dalam bidang datar yang sama bayangkan para amuba mau bikin rumah juga. Bagi amuba bidang datar itu tidak rata dan mulus melainkan bergelombang, penuh dengan lekukan yang kurang mempesona. Permukaan yang rata berubah menjadi kumpulan berjuta kurva. Asumsi dan Skala Observasi Mengapa terdapat perbedaan pandangan yang nyata terhadap obyek yang begitu kongkret sperti sebuah bidang? Ahli fisika Swiss Charles-Eugene Guye menyimpulkan gejala itu

Pengertian dan Tujuan Pendidikan menurut UU Sisdiknas

Karena UU Sisdiknas itu puanjang, aku kutipin sebagian tentang pengertian dan tujuan pendidikan menurut UU RI No 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal-pasal ini minimal akan sering kita pakai untuk rujukan diawal Check this out BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1  Dalam undang-undang ini yang dimaksud dengan: 1. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. 2. Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. 3. Sistem pendidikan nasional adalah   keseluruhan komponen pendidikan yang sali

Filsafat Pendidikan Realisme

BAB I PENDAHULUAN A.      LATAR BELAKANG Filsafat pendidikan adalah aplikasi dari filsafat umum dalam pendidikan. Berbeda dengan Filsafat Umum yang objeknya adalah kenyataan keseluruhan segala sesuatu. Filsafat Khusus /terapan mempunyai objek kenyataan salah satu aspek kehidupan manusia yang dalam hal ini adalah pendidikan. Filsafat pendidikan menyelidiki hakikat pelaksanaan pendidikan yang bersangkut paut dengan tujuan, latar belakang cara dan hasilnya serta hakikat ilmu pendidikan yang bersangkut paut terhadap struktur kegunaannya. Seperti halnya filsafat yang lain, filsafat pendidikanpun bersifat spekulatif, preskriptif dan analitik. Spekulatif artinya filsafat pendidikan membangun teori-teori tentang hakikat pendidikan manusia, hakikat masyarakat dan hakikat dunia. Preskriptif artinya filsafat pendidikan menentukan tujuan pendidikan yang harus diikuti dan dicapai. Analitik artinya filsafat pendidikan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang spekulatif dan perspektif. Filsafat ilm

Pendekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan ( Objective – Oriented Evaluation Approach)

Pendahuluan Dari awal pesatnya perkembangan evaluasi pendidikan tahun 60-70 an sampai sekarang , para ahli telah mengembangkan sekitar 50 model/pendekatan evaluasi Banyaknya model ini juga didasarkan oleh beberapa pendekatan pada evaluasi , jenis/bentuk evaluasi juga tujuan evaluasi. Evaluasi program merupakan proses deskripsi , pengumpulan data dan penyampaian informasi kepada pengambil keputusan yang akan dipakai untuk pertimbangan apakah program perlu diperbaiki, dihentikan atau diteruskan. Berdasarkan objektivisme dan subjektivisme, 50 model yang ada sebenarnya bisa dikelompokkan menjadi 6 pendekatan, yaitu 1. Pendekatan berorientasi tujuan ( objectives-oriented approaches/goal oriented approach ) 2. Pendekatan berorientasi manajemen ( management – oriented approaches ) 3. Pendekatan berorientasi pemakai ( consumer – oriented approaches ) 4. Pendekatan berorentasi kepakaran ( expertise – oriented approaches ) 5. Pendekatan berorientasi ketidaksamaan ( adversary-eriented appr