Langsung ke konten utama

Postingan

Pengertian dan Tujuan Pendidikan menurut UU Sisdiknas

Karena UU Sisdiknas itu puanjang, aku kutipin sebagian tentang pengertian dan tujuan pendidikan menurut UU RI No 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal-pasal ini minimal akan sering kita pakai untuk rujukan diawal Check this out BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1  Dalam undang-undang ini yang dimaksud dengan: 1. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. 2. Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. 3. Sistem pendidikan nasional adalah   keseluruhan komponen pendidikan yang sali

Psikodinamika

I. Pendahuluan Kami menyusun makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah psikologi pendidikan yang merupakan mata kuliah matrikulasi bagi para sarjana yang berasal dari jalur non kependidikan. Psikodinamika merupakan sub pokok bahasan dari mata kuliah Psikologi Pendidikan. Seiring dengan berkembangnya ilmu Psikologi banyak aliran dan tokoh dalam bidang psikologi yang mengeluarkan teori-teori yang berhububungan dengan Teori Kepribadian dan Psikologi Perkembangan. Salah satu tokoh teori Kepribadian yang terkenal adalah Freud. Teori yang dikembangkan oleh Freud adalah Teori Psikodinamika. II. Teori Psikodinamika Psikodinamika pertama kali dikembangkan Oleh Sigmud Freud (1856-1939). Psikodinamika dari Freud ini juga dikenal dengan nama Psikoanalis. Freud dikenal sebagai Bapak Psikoanalisis (Bischof, 1970). Freud mengembangkan teorinya setelah banyak melakukan terapi pada orang-orang yang mengalami gangguan mental. Teori Kepribadian oleh Sigmund Freud ini kemudian banyak dikembangkan

Oh psikodinamika..mahluk apakah dirimu...

Pertama dapat tugas psikologi pendidikan ehko dapetnya psikodinamika. Ngerti aja ngga kata dan mahluk apa itu, belajar psikologi beneran serius juga ga pernah. Nasib..untungnya SHinta kompak..kita cari deh bahan ke perpus... walau pusing akhirnya sedikit rada kebayang.. Weaduh ternyata itu teorinya Freud..walah kebayang dulu denger cerita dari temen anak psikolog aja pusing nyernanya...baca buku populernya ah ko aku malah bukannay tambah jelas malah serasa jadi gila deh emang nasib harus belajar lagi nih, kali in iharus lebih ngerti jangan jadi ga waras hehe...

Ibu rt pergi kuliah...

Alhamdulillah akhirnya bisa ngerasain lagi duduk dengerin kuliah. Punya dosen yang nerangin, duduk di ruang kuliah, dan punya temen-temen kuliah! Rasanya udah lama banget ya ga punya temen seperti itu, di kelas bareng, kuliah umum bareng, ke kantin bareng, cari bahan bareng, fotokopi bareng, ke mushola bareng sampe pulang bareng. Senengya kulliah tapi juga disertai konsekuensi untuk kerja keras, kuliah sekarng ga sesantai kuliah dulu waktu remaja, beban kuliah sekrang yang lebih banyak tugas, sesuatu yang baru dan masih harus ingetanak dan keluarga. Sebenarnya hal yang paling seru buatku adalah perjalanan ke tempat kuliah. Kuliah di jakarta untuk orang yang awam jakarta seperti akudan biasa tinggal di rumah.. wuah bikin deg-degan dan stress dari malam sebelumnya. malem sebelumnya sampe ga bisa tidur mikirin harus bisa pergi nyetir sendiri ke kampus, kalo mau kuliah. Modal nekad lah. Wuah mana ternayta hidup di jakarta ga gampang ya mau pergi ke kampus aja ampir 2 jam mana macet lagi