Search This Blog

Loading...

Saturday, January 8, 2011

Metodologi Penelitian Kualitatif


Jika pada penelitian kualitatif,  data berasal dari responden, maka pada penelitian kualitatif kunci utama ada pada peneliti yang terlibat langsung bersama responden sebagai narasumber. Jadi dalam penelitian kualitatif kredibilitas peneliti adalah peran yang penting dalam validitas hasil penelitian.
Berikut ini kami coba paparkan dengan singkat metodologi penelitian dari  data, sampel, instrumen, teknik pengumpulan data, analisa data dan tingkat kepercayaan [1].

1.      DATA
Pada penelitian kualitatif data yang dikumpulkan berupa pertanyaan, tulisan, angka-angka yagn dideskripsikan, gambar, simbol, gerak dan tingkah laku. Penelitian kualitatif juga mengedepankan setting naturalistik dalam penelitiannya. Peneliti mencari data dan informasi secara ilmiah tanpa suatu treatment tertentu dan berusaha berada dalam lingkup yang alamiah tersebut.

2.      POPULASI DAN SAMPEL
Populasi pada penelitian kualitatif bergantung fokus studi yang diambil. Sampel yang digunakan adalah purposive sample atau snowball sample. Tujuannya agar peneliti mendapatkan sampel yang kaya informasi yang bisa dipercaya untuk dijadikan informan atau narasumber. Banyaknya data sampel dianggap cukup jika peneliti tidak mendapatkan tambahan informasi baru dari informan/sampel yang dipilihnya. (Sugiyono, 2010; Satori & Komariah, 2009).

3.      INSTRUMEN PENELITIAN
  Instrumen yang digunakan adalah human instrument (Sugiyono, 2010; Satori & Komariah, 2009). Peneliti menjadi instrumen kunci yang dipercaya mampu melakukan penelitian kualitatif. Peneliti memakai alat bantu berupa buku catatan, tape recorder, kamera, handycam untuk menangkap situasi sosial dari oramg yang menjadi informan atau nara sumber.

4.      TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, studi dokumen, wawancara mendalam dan melakukan triangulasi. Triangulasi bisa merupakan triangulasi subjek untuk mencari pendapat informan lain, triangulasi waktu atau triangulasi pada teknik pengumpulan data (Satori & Komariah : 2009). Observasi bisa berbentuk observasi partisipatif, observasi samar ataupun observasi tak terstruktur (Sugiyono, 2010; Satori & Komariah, 2009).

5.      ANALISIS DATA
Dilakukan mulai dari sejak mengumpulkan data dengan membuat catatan lapangan dan memberi refleksi terhadap data yagn dicatat. Data kemudian direduksi, ditampilkan/ display, kemudian disimpulkan dan diverifikasi (Sugiyono, 2010) Analisis bersifat terbuka (open ended) yang adaptif terhadap perubahan, perbaikan, pernyempurnaan berdasarkan data baru yang masuk.

6.      TINGKAT KEPERCAYAAN PENELITIAN
Jika dalam penelitian kuantitatif ditentukan oleh validitas dan reliabilitas maka pada penelitian kualitatif berupa credibility, dependability, confirmability dan transferability. Jadi tingkat kepercayaan bergantung pada kredibilitas peneliti dan rekam jejak pada proses penelitiannya. Selain itu hasil penelitian juga harus berguna dan terpakai oleh pihak-pihak lain.


[1] Djam’an Satori dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung, Alfabeta : 2009) hlm. 33

DAFTAR PUSTAKA

Alwasilah, A. Chaedar. 2008. Pokoknya Kualitatif, Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif,   Pustaka Jaya : Jakarta
 
Mudyahardjo, Redja. 2008. Filsafat Ilmu Pendidikan, Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta : Bandung

1 comment:

  1. aku mau nanya buku sugiyono yang dimaksud judul nya apa yah? penerbit nya siapa? berguna bngt nih buat skripsi aku..

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...