Langsung ke konten utama

Postingan

Ontologi dan Metafisika

by shinta dewi A. Pengertian Ontologi Pembahasan utama makalah ini adalah mengenai Ontologi, yang mempertanyakan hakikat “apa” yang dikaji oleh ilmu. Pertanyaan itu kemudian diuraikan lagi menjadi objek apa yang ditelaah ilmu? Bagaimana ujud hakiki dari objek tersebut? Dan bagaimana hubungan objek tadi dengan daya tangkap manusia (hlm. 33) Istilah “ontologi” berasal dari kata Yunani “onta” yang berarti sesuatu “yang sungguh-sungguh ada”, “kenyataan yang sesungguhnya”, dan logos” yang berarti “studi tentang”, “studi yang membahas sesuatu” . Jadi dari segi istilah ontologi berarti studi yang membahas sesuatu yang ada. Objek material ontologi adalah yang ada, artinya segala-galanya meliputi yang ada sebagai wujud konkret dan abstrak, indrawi maupun tidak indrawi. Objek formal ontologi adalah memberikan dasar yang paling umum tiap masalah yang menyangkut manusia, dunia dan Tuhan. Titik tolak dan dasar ontologi adalah refleksi terhadap kenyataan yang paling dekat yaitu manusia send

Sistem E-Business (bag 1)

Bab 9 Pengantar Sistem Informasi Manajemen (James O brien) E-business adalah penggunaan internet dan jaringan seta teknologi informasi laniinya untuk mendukung e-commerce , komunikasi dan kerjasama perusahaan, dan berbagai proses yang dijalankan melalui web, baik di jaringan perusahaan ataupun dengan pelanggan dan mitra bisnis. Di bagian 1 ini akan dibahas menganai CRM, ERP dan SCM Perusahaan mengembangkan aplikasi lintas fungsi perusahaan terintegrasi yang melintasi batas fungsi tradisional bisnis agar dapat merekayasa ulang dan meningkatkan proses bisnis di semua lintas fungsi perusahaan. Software yang banyak dipakai adalah ERP, CRM dan SCM dari SAP, Peoplesoft atau oracle. Software ini berfokus untuk mendukung proses bisnis terintegrasi yang terlibat dalam operasional bisnis. Arsitektur Aplikasi Perusahaan Yaitu menggambarkan hubungan antar aplikasi perusahaan lintas fungsi yang memberikan kerangka kerja konseptual untuk membayangkan berbagai komponen dasar proses dam inte

Manajemen Sumber Data (Data Resources)

BAG I MENGELOLA SUMBER DAYA DATA ( disarikan dari  bab 5 buku terjemahan karangan James O Brien, Pengantar Sistem Informasi ) Manajemen Sumber Data Data merupakan sumber daya penting organisasi yang perlu dikelola seperti aset penting bisnis lainnya. Manajemen sumber daya data adalah sebuah aktivitas manajerial yang mengaplikasikan teknologi sistem informasi dalam tugas untuk mengelola sumber daya data organisasi. Tujuan adalah agar dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam bisnis. Aplikasi teknologi SI yang digunakan seperti manajemen data base, gudang data dan alat manajemen data lainnya. Dasar-dasar Konsep Data  Karakter Elemen data yang paling dasar (dari sudut pandang pemakai), yang dapat berupa huruf, angka atau simbol lainnya (alphabet, numeric, symbol, alphanumeric)  Field Bagian data/data item yang mewakili sebuah atribut. Misallnya karakter huuf menjadi field nama. Contoh lainnya adalah gaji karyawan yang mendeskripsikan entit

Bersaing dengan Teknologi Informasi

( bab 2 buku pengantar sistem informasi dr James O Brien ) Bag I Dasar Dasar Keunggulan Strategis Sistem informasi bukan hanya sekeumpulan teknologi untung mendukung operasi bisnis, kerja sama perusahaan dan sistem pengambilan keputusan namun TI bisa sebagai Sistem informasi strategis (SIS) sebagai jaringan pembaruan organisasi yang dapat mengubah cara bersaing dalam bisnis. Konsep Strategi Kompetitif Sistem informasi strategis meruapakan sistem informasi yang mendudukung dan membentuk posisi kompetitif dan strategi perusahaan bisnis. Berupa sistem informasi spti TPS, SIM, DSS dll yang menggunakan TI dalam membatu organisasi mencapai keunggulan kompetitif, mengurangi kelemahan dan memenuhi tujuan strategis perusahaan. Tekanan Kompetitif dan Strategi Kompetitif Perusahaan perlu mengembangkan strategi untuk menghadapi 5 tekanan kompetitif dalam bisnis, yang meliputi 1. Persaingan dari pada kompetitor 2. Ancaman pemain baru 3. Ancaman produk pengganti 4. Daya tawar pelanggan